Kumpulan Tips Manajemen Kelas Terbaik untuk PAUD & TK

Cara mengatur kelas dan menangani anak-anak di Fase Fondasi atau tingkat PAUD dan TK

Kumpulan Tips Manajemen Kelas Terbaik untuk PAUD & TK
Image by Freepik


Mengajar di tingkat PAUD atau TK bisa jadi menyenangkan namun menantang. Menangani anak-anak kecil yang menggemaskan itu tidak mudah dan bisa jadi seperti rollercoaster, tapi jangan takut! PiBo telah mengumpulkan tips manajemen kelas PAUD atau TK terbaik untukmu, tips ini kami kumpulkan langsung dari para guru berpengalaman. Simak beberapa tips ini:

1. Mulai dari Awal

Pertama, ingatlah bahwa bagi banyak anak TK, ini adalah pengalaman pertama mereka di lingkungan sekolah yang terstruktur. Mereka perlu mempelajari peraturan dan perilaku yang diharapkan, jadi mulailah dengan aturan yang paling dasar dan kemudian bangun dari sana. Seperti apa saja yang harus dilakukan saat masuk kelas, misalnya: buka sepatu dan simpan di rak sepatu, lalu duduk di kursi dan simpan tas samping kursi, dan seterusnya. Selain itu, setelah liburan panjang seperti Lebaran atau liburan semester, bersiaplah untuk mengingatkan kembali peraturan kelas kepada anak-anak.
Pelajari lebih lanjut dari: Mrs. Wills' Kindergarten

2. Rutinitas, Rutinitas, Rutinitas

Anak-anak TK perlu belajar banyak perilaku dan rutinitas. Dari cara berbaris hingga meraut pensil, ada banyak hal yang harus dipelajari. Lihatlah daftar terperinci dari Mrs. Jones ini untuk mengetahui semua prosedur yang perlu dipelajari anak-anak TK.
Pelajari lebih lanjut dari: Mrs. Jones's Class

3. Tunjukkan dan Ceritakan

Masa kanak-kanak tingkat TK adalah masa mereka mencontoh perilaku. Tunjukkan kepada mereka cara yang benar untuk melakukan sesuatu, dan terkadang bahkan tunjukkan juga perilaku yang salah seperti apa. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada mereka tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Pelajari lebih lanjut dari: The Kinderhearted Classroom

4. Lancar Kaji Karena Diulang, Lancar Jalan Karena Ditempuh

Di TK, anak-anak tidak akan selalu melakukannya dengan benar saat pertama kali, atau bahkan untuk kedua belas kalinya. Konsistensi, motivasi, dan ketekunan adalah kunci untuk membantu mereka mengembangkan kebiasaan yang baik. Pastikan mereka memahami "mengapa" di balik suatu peraturan. Misalnya, mengapa mainan harus dirapikan kembali setelah bermain, agar mainannya tidak hilang dan rusak.
Pelajari lebih lanjut dari: KindergartenWorks

5. Isyarat Visual adalah Kuncinya

Pengingat visual dapat memainkan peran penting dalam memicu perilaku yang benar. Gunakan titik-titik di karpet untuk menunjukkan kepada mereka di mana mereka harus duduk, di mana mereka harus berdiri saat berbaris, dan banyak lagi. Pelajari lebih lanjut dari: We Are Teachers

6. Kombinasikan Kata dan Gambar

Mengingat banyak anak TK yang masih belajar membaca, kombinasikan petunjuk tertulis dengan gambar pada bagan dan kartu peraturan kelas TK. Hal ini akan memastikan bahwa anak-anak di setiap tingkatan dapat memahami pesan yang disampaikan.
Pelajari lebih lanjut dari: F is for First Grade

7. Segala Sesuatu pada Tempatnya

Menjaga ruang kelas tetap teratur adalah bagian penting dari manajemen kelas TK. Misalnya, sediakan tempat untuk menyimpan sepatu, tas, pensil, mainan, dan sebagainya lalu beri label pada SEMUANYA. Ajarkan si kecil untuk selalu menaruh barang di tempat yang seharusnya.
Pelajari lebih lanjut dari: Teaching is a Royal Adventure

8. Bunyikan Bel!

Jika kamu belum menggunakan bel sebagai bagian dari strategi manajemen kelas TK, sekaranglah saatnya untuk memulai! Ajarkan anak-anak untuk mendengarkan suara yang berbeda sehingga mereka tahu kapan waktunya untuk berhenti bekerja, diam, beralih ke aktivitas berikutnya, dan banyak lagi. Berikut ini adalah contoh-contoh cara menggunakan bel di ruang kelas.

9. Gunakan Penarik Perhatian

Siapkan beberapa tepuk atau nyanyian untuk menarik perhatian anak dalam mengajak mereka untuk fokus dan melakukan sesuatu. Contohnya, menggunakan tepuk dan nyanyian untuk mengajak anak melakukan sesuatu. Pola panggilan dan tanggapan ini dapat membuat perbedaan besar dan layak untuk dieksplorasi dengan murid. Pelajari lebih lanjut dari: We Are Teachers

10. Berikan Mereka Tanggung Jawab

Ketika anak-anak mempelajari aturan dan prosedur, berikan mereka beberapa tanggung jawab juga. Misalnya beri mereka tanggung jawab untuk merapikan alat tulis. Mulailah dari yang kecil dan kembangkan ke hal-hal yang lebih besar. Kamu akan terkejut dengan apa yang dapat mereka tangani!
Pelajari lebih lanjut dari: KindergartenWorks

11. Rayakan Setiap Pencapaian

Di dunia anak-anak TK, setiap pencapaian kecil itu penting. Rayakanlah setiap pencapaian tersebut dengan spesifik. Senyuman dan "Hebat kamu berhasil berbaris dengan rapi, Doni!" bisa sangat berarti. Kamu bisa juga memberi hadiah berupa stiker setiap kali anak mencapai sesuatu atau berbuat baik.
Pelajari lebih lanjut dari: Mrs. Kinder-Hearted

12. Arahkan Kembali dengan Hati-hati

Ketika mereka membuat pilihan yang buruk, penting untuk mengarahkan mereka dengan hati-hati. Panduan yang jelas dan sederhana, bersama dengan konsistensi yang lembut namun tegas, dapat membantu anak-anak mengenali dan membuat pilihan yang baik.
Pelajari lebih lanjut dari: Pocket of Preschool: Green and Red Choices

13. Buatlah Sudut untuk Menenangkan Diri

Perkenalkan tempat yang nyaman di dalam kelas bagi anak-anak untuk menenangkan diri dan memikirkan kembali pilihan mereka. Ini adalah pendekatan positif yang membantu anak-anak memproses emosi mereka.
Pelajari lebih lanjut dari: Natalie Lynn Kindergarten

14. Mempersiapkan Guru Pengganti

Persiapkan anak-anak untuk kemungkinan adanya guru pengganti. Penting agar perilaku mereka tetap konsisten, siapa pun guru yang bertanggung jawab.
Pelajari lebih lanjut dari: Mrs. Beattieā€™s Classroom

15. Ajarkan Fleksibilitas

Ajarkan anak-anak untuk bersikap fleksibel. Gangguan tak terduga bisa terjadi kapan saja, jadi membantu anak-anak beradaptasi dengan perubahan adalah pelajaran hidup yang berharga.
Pelajari lebih lanjut dari: Pocket of Preschool: Drill Routines

16. Berkomunikasi dengan Orang Tua

Bekerja sama dengan orang tua sangatlah penting. Tetapkan jadwal dan sistem komunikasi, dan ingatlah bahwa setiap orang tua memiliki kebutuhan yang berbeda. Cari cara untuk berkolaborasi demi kepentingan pendidikan anak.
Pelajari lebih lanjut dari: Count on Tricia

Demikianlah beberapa tips yang dapat membantumu mengelola kelas taman kanak-kanak layaknya seorang profesional. Ingat, setiap kelas berbeda, jadi jangan ragu untuk menyesuaikan dan mempersonalisasi tips-tips ini agar sesuai untukmu dan murid-muridmu!

Artikel asli dari: We Are Teachers