Memudahkan Guru dengan Modul Ajar Berbasis Buku Cerita

Tips membuat Modul Ajar yang inovatif agar pembelajaran menjadi menyenangkan.

Memudahkan Guru dengan Modul Ajar Berbasis Buku Cerita
Image by jcomp on Freepik

Hai, guru hebat! Pernah kesulitan menemukan cara kreatif untuk membuat modul ajar yang menyenangkan? Jangan khawatir, ada beberapa solusi sederhana yang dapat kamu coba.

1. Pikirkan ide-ide yang menarik

Untuk mencegah pelajaran menjadi monoton dan membuat anak-anak terpana, guru dapat memasukkan gambar atau ilustrasi yang menarik dan warna-warni. Guru bahkan bisa mencoba membuat modul ajar dengan menggunakan buku cerita dengan tema yang terkait dengan materi yang diajarkan.

2. Manfaatkan teknologi

Gunakan teknologi untuk membuat modul lebih interaktif dan menyenangkan. Misalnya, gunakan video singkat untuk menjelaskan konsep yang rumit atau gunakan aplikasi pendidikan yang menghibur untuk mengajarkan keterampilan siswa. Selain itu, pastikan modulnya dapat diakses dengan mudah melalui platform online atau perangkat elektronik siswa.

3. Buat aktivitas yang menarik

Modul ajar kreatif biasanya memiliki banyak aktivitas yang menarik yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif. Membuat permainan, tugas kelompok, atau proyek kreatif yang mendorong mereka untuk berpikir dan bekerja sama lebih banyak. Ingatlah bahwa semakin aktif mereka berpartisipasi, semakin menarik pembelajaran yang dihasilkan!

4. Ikuti perkembangan dunia pendidikan

Dunia terus berubah, begitu juga cara kita mengajar. Selalu ikuti perkembangan pendidikan terbaru. Cari inspirasi dari banyak sumber, pergi ke workshop atau pelatihan, atau bahkan berbagi ide dengan guru lain di komunitas sekolah.

Untuk membuat tugas guru lebih mudah, PiBo menyediakan Modul Ajar berbasis buku cerita yang dapat diakses secara gratis. Dengan mendaftar akun PiBo, guru tidak perlu repot lagi mencari buku cerita yang cocok untuk tujuan pembelajaran. Modul ajar ini juga memiliki panduan diskusi berpikir yang luar biasa dan ide untuk aktivitas.

Jadi, para guru yang luar biasa, mari kita bersenang-senang mengajar! Kita dapat membuat pembelajaran yang menyenangkan dan berpengaruh bagi siswa dengan modul ajar yang kreatif.


PiBo juga mengajak guru maupun tenaga pendidik lainnya belajar berinovasi dan menerapkan Pembelajaran Berbasis Literasi, dengan menunjukkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam membuat Modul Ajar berbasis buku non teks guna meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa melalui Kompetisi  Guru Literasi Inovatif (KGLI). Tersedia hadiah menarik bagi para peserta terbaik dalam kompetisi ini. Mari berpartisipasi majukan pendidikan literasi di Indonesia, daftarkan sekolahmu, raih manfaat dan hadiahnya!