SDG Book Club 1: Petualangan Buku Menuju Dunia Berkelanjutan

Rekomendasi Buku Seru untuk Sustainable Development Goal 1 sampai 4!

SDG Book Club 1: Petualangan Buku Menuju Dunia Berkelanjutan

Halo sahabat hebat PiBo! Sudah tahu belum tentang Sustainable Development Goals (SDG) belum? Apa sih SDG itu? Jangan khawatir, aku akan jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti. SDG adalah tujuan-tujuan dunia yang kita semua kerjakan bersama agar bumi ini lebih baik, seperti mengurangi kemiskinan, kelaparan, kesehatan yang baik, dan pendidikan yang lebih baik juga!

Nah, PiBo punya buku-buku seru yang bisa membantu kita memahami dan mendukung SDG, lho! Ada 17 tujuan SDG yang ingin diraih, sekarang kita simak 4 tujuan SDG beserta rekomendasi bukunya, yuk!

SDG 1: Menghapus Kemiskinan - Karali dan Pak Unang

Cerita seru ini mengajarkan kita tentang usaha dan kerja keras seorang tukang becak. Pak Unang adalah seorang tukang becak yang baik hati. Walaupun hidupnya sendiri kesusahan, Pak Unang senang membantu orang lain. Buku ini mengajarkan pentingnya berusaha, pantang menyerah, dan membantu mereka yang membutuhkan.

Meski berat, Karali si becak tetap semangat membantu Pak Unang mencari uang. Apalagi Pak Unang baik hati. Yuk, ikuti cerita Karali dan Pak Unang. Kalian bisa mengerjakan aktivitas di akhir cerita lho.

Baca di PiBo

SDG 2: Mengakhiri Kelaparan- Intan's Special Garden

Buku ini menceritakan tentang Intan yang suka sekali makan terong. Dia belajar menanam terong sendiri di halaman rumahnya. Dengan berkebun, Intan ikut melindungi bumi dengan mengurangi sampah kemasan sekaligus bisa menghasilkan makanan secara swadaya dan membantu mengatasi kelaparan.

Makanan favorit Intan adalah terong. Dia akan menanam terongnya sendiri dan memiliki kebunnya sendiri! Ia bersemangat, namun ternyata menanam tanaman tidak semudah kelihatannya.

Baca di PiBo

SDG 3: Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan - Dito Sakit

Ingat kapan terakhir kali kamu sakit? Mungkin kamu pergi ke dokter, atau kamu minum obat untuk merasa lebih baik. Banyak orang di seluruh dunia belum memiliki akses ke rumah sakit atau pengobatan. Inilah yang dimaksud dengan SDG 3: memastikan semua orang dapat hidup sehat. Buku ini bercerita tentang apa yang harus dilakukan ketika kita sakit.

Dito bersin-bersin, batuk, dan badannya juga panas. Mama mengajak Dito periksa ke Dokter. Dokter memeriksa Dito. Apa pesan Dokter pada Dito supaya ia lekas sembuh, ya? 

Baca di PiBo

SDG 4: Pendidikan Bermutu - Kumpulan Cerita Pelajar-Pelajar Pejuang

Pendidikan juga penting untuk membantu kita mencapai banyak SDG lainnya. Contohnya: Ketika kita mendapatkan pendidikan yang bermutu, kita dapat lebih mudah keluar dari kemiskinan dengan mencari pekerjaan yang bergaji tinggi. Pendidikan juga membantu kita membuat pilihan yang lebih baik untuk kesehatan kita, seperti makan lebih banyak sayuran atau minum lebih sedikit minuman manis. Rekomendasi buku ini menceritakan tentang perjuangan para pelajar untuk meraih pendidikan.

Sebagai pelajar, kalian pun termasuk pejuang. Dibutuhkan usaha dan perjuangan untuk berangkat sekolah, dari bangun tidur, mandi, sarapan, hingga menempuh perjalanan hingga ke sekolah. Tahukah kalian, sebenarnya ada teman-teman kalian yang juga tak kalah hebat dalam berjuang berangkat ke sekolah? Cerita-cerita dalam buku ini akan menunjukan kepada kalian seperti apa perjuangan teman-teman kalian bersekolah di daerah pelosok.

Baca di PiBo

Nah, buku-buku ini sungguh luar biasa, kan? Kita bisa belajar banyak hal seru sekaligus mendukung upaya untuk membuat dunia ini lebih baik. Jadi, ayo segera membaca buku-buku ini dan menjadi pahlawan kecil yang membantu mencapai SDG 1-4!

Ingat, meskipun kita masih anak-anak, kita punya peran penting dalam menjaga planet ini agar tetap indah dan ramah lingkungan. Ayo, mulai petualangan literasi dan jadilah inspirasi bagi teman-teman lainnya!