Tips Menulis Buku Anak ala Pemenang Kompetisi

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menulis buku anak.

Tips Menulis Buku Anak ala Pemenang Kompetisi
Hervianna Artha, penulis buku cerita bergambar "Gadis Kecil yang Tidak Berambut".

Kenalan yuk, sama Kak Hervi, penulis buku Gadis Kecil yang Tidak Berambut, yang membuatnya jadi pemenang Kompetisi Karya Buku Anak PiBo 2022.

Karena penasaran, PiBo sudah tanya-tanya Kak Hervi, gimana caranya menulis buku. Rupanya Kak Hervi selalu menyediakan waktu melamun sebelum menulis. Dalam lamunan itu, Kak Hervi 'menggambar' jalan cerita dalam pikiran, mirip-mirip menonton film. Kalau ternyata Kak Hervi gak suka 'film'nya, ia langsung ulang lagi memikirkan jalan cerita yang berbeda.

Lalu penulis yang menyukai buku Charlie and the Chocolate Factory (Charlie dan Pabrik Cokelat Ajaib) karya Roald Dahl ini menambahkan kiat asyik agar tidak bingung untuk memulai menulis:

Pertama, Kak Hervi akan batasi tema menulisnya, biar sasarannya jelas. Ibaratnya seperti seorang pemburu yang hendak memanah satu ekor burung di antara sekian banyak burung yang beterbangan di angkasa, maka kita harus fokus pada satu ekor burung saja.

Kedua, kalau sudah dapat tema, selanjutnya menulis kalimat pertama. Tidak perlu kalimat yang muluk-muluk, kalimat sederhana pun jadi. Lalu, terus lanjutkan menulsi dengan kalimat kedua, ketiga,... sampai-sampai tak terasa, tahu-tahu sudah jadi rangkaian kalimat yang membentuk cerita.

Wah, makasih untuk kiat menulisnya, Kak Hervi! PiBo jadi semakin semangat merangkai cerita! Yuk, teman PiBo, baca buku karya Kak Hervi di PiBo, dan mari berlatih menulis biar bisa jadi penulis!